Leukemia Mielositik Akut

Leukemia mielositik kronik atau chronic myelocytic leukemia (CML) adalah bentuk kronik leukemia dengan sel-sel seri mieloid yang dominan. Penyakit ini dibagi menjadi 2 fase, yakni fase kronik yang berlangsung 3-5 tahun, diikuti oleh fase transformasi akut. Fase transformasi akut dapat terjadi secara pelan-pelan, dalam waktu 6 bulan disebut sebagai fase akselerasi atau dapat terjadi dengan cepat (dalam beberapa minggu) dikenal sebagai krisis blastik dari CML. Fase transformasi akut ditandai oleh perubahan sifat leukemia menjadi sifat-sifat yang menyerupai leukemia akut dengan anemia berat, febris. Perdarahan dan trombostiopenia. Blast dalam darah tepi lebih dari 5 % dan dalam sumsum tulang lebih dari 30 %.

Gambaran sel pada leukemia mielositik akut

Gambaran sitogenetik menunjukkan kromosom Philadelphia disertai dengan tambahan kelainan kromosom lainnya. Sepertiga krisis balstik menyerupai gambaran leukemia lifoblastik akut, dan 2/3  menyerupai gambaran leukemia mieloid akut. Jenis morfologik ini sangat penting ditentukan karena akan mempengaruhi jenis pengobatan.

Penanganannya sama dengan leukemia akut yaitu regimen induksi remisi terdiri dari kombinasi vinkristin, prednison dan daunorubisin untuk bentuk ALL dan kombinasi daunorubisisn dengan sitosin, arabinosid untuk bentuk AML. Keadaan gawat timbul akibat perdarahan, infeksi dan anemia berat karena proses penyakitnya sendiri dan juga akibat pemberian kemoterapi intensif. Pengelolaan keadaan ini sama dengan penanganan kedaruratan leukemia akut.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Leukemia Akut and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>