Gejala Leukemia Akut

Leukemia merupakan penyakit akibat terjadinya proliferasi sel leukosit yang abnormal dengan jumlah berlebihan dan dapat menyebabkan terjadinya anemia trombositopenia. Leukemia limfoid atau limfositik akut ini merupakan kanker yang menyusup ke berbagai organ di antara sumsum tulang dan mengganti unsur sel yang normal dapat mengakibatkan jumlah eritrosit kurang untuk mencukupi kebutuhan sel dan trombosit pun ikut berkurang sehingga timbul perdarahan. Proses masuknya leukosit yang berlebihan dapat menimbulkan hepatomegali apabila terjadi pada hati, splenomegali dll.

Trombositopenia bisa terjadi akibat berkurangnya produksi (aplasi sumsum tulang, leukemia atau infiltrasi) atau meningkatnya destruksi (pupura trombositopenik idiopatik, hipersplenisme dan koagylopati intravaskular difus).

Leukemia akut memperlihatkan gejala klinis yang mencolok. Leukemia kronis berkembang secara lambat dan mungkin hanya memperlihatkan sedikit gejala sampai stadium lanjut.

– Kepucatan dan rasa lelah akibat anemia

– Infeksi berulang akibat penurunan sel darah putih

– Perdarahan dan memar akibat trombositopenia dan gangguan koagulasi

– Nyeri tulang akibat penumupukan sel di sumsum tulang, yang menyebabkan peningkatan tekanan dan kematian sel. Tidak seperti nyeri yang semakin meningkat, nyeri tulang berhubungan dengan leukemia biasanya bersifat progresif.

– Penurunan berat karena berkurangnya nafsu makan dan peningkatan konsumsi kalori oleh sel-sel neoplastik

– Limfadenopati, spelomegali dan hepatomegali akibat infiltarasi sel leukemik ke organ-organ limfoid dapat terjadi.

– Gejla sistem saraf pusat dapat terjadi


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Leukemia Akut and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *